Rabu, 14 September 2011

Pengembangan Silabus IPS SMP/MTs


PENGEMBANGAN Silabus

Sekolah                        : MTS Miftahul Huda Ngreco Kandat
Kelas                             : VII ( Tujuh )
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Sosial/Geografi
Semester                       : 1 (Satu)

Standar Kompetensi : 1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia.



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1     Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
1. Bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
2. Proses endogen dan eksogen sebagai pemben-tuk muka bumi.
3. Proses pembentuk muka bumi.
4. gejala-gejala bencana alam dan upaya penang-gulangannya.
5.  


·   Mengajak siswa berdiskusi tentang bentuk - bentuk relief daratan dan lautan.
·   Menyuruh siswa untuk menyebutkan macam – mcam relief daratan di lingkungan madrasah dan lingkungan rumahnya

·   Menjelaskan macam-macam tenaga endogen dan eksogen sebagai pembentuk muka bumi.










·   Menjelaskan proses terbentuknya muka bumi.

·   Mengkaji tentang beberapa peristiwa / gejala alam yang terjadi dan menentukan tenaga endogen atau eksogen sebagai faktor penyebabnya

·   Mendiskusikan dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penang-gulangannya

·   Melalui kuis siswa melengkapi skema tentang tenaga pembentuk muka bumi yang telah disiapkan





·   Mendeskripsikan bentuk muka bumi daratan dan dasar laut

·   Mengidentifikasi macam-macam relief daratan di lingkungan madrasah dan lingkungan rumahnya

·   Menyebutkan macam tenaga endogen dan eksogen sebagai pembentuk muka bumi.




·   Menjelaskan macam-macam tenaga endogen dan eksogen sebagai pembentuk muka bumi dengan memberikan contoh


·   Memahami proses terbentuknya muka bumi.

·   Mengidentifikasi berbagai macam tenaga endogen dan eksogen sebagai  penyebab dari beberapa peristiwa / gejala alam yang pernah terjadi di Indonesia

·   Menyebutkan dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penang-gulangannya

·   Melengkapi skema tentang tenaga pembentuk muka bumi



Tes lisan


Tes lisan




Tes tulis






Penugasan





Tes lisan


Tes Tulis





Tes Tulis




Kuis
 Daftar Pertanyaan

Daftar Pertanyaan



Pilihan Ganda






Kliping





Daftar Pertanyaan

Isian





Uraian




Skema dan kelengkapan-nya
Apakah perbedaan antara lubuk laut  dengan palung laut ?

Apakah perbedaan antara pegununan dengan gunung ?



Berikut ini adalah macam tenaga eksogen, kecuali ...
a.     Pelapukan
b.     Erosi
c.      Vulkanisme
d.     Sedimentasi

 Buatlah kliping tentang peristiwa alam yang terjadi dan tulislah kesimpulan macam tenaga penyebab di bawah masing-masing gambar.

Jelaskan proses terbentuknya Lipatan ?

Tenaga endogen yang menyebabkan terjadinya Tsunami di Aceh tahun 2006 adalah ....



Sebutkan 3 (tiga) dampak positif dari paska vulkanisme !



Siswa mengambil kartu undian berisi istilah yang berkaitan dengan tenaga geologi sebagai pembentuk muka bumi. Selanjutnya menempelkannya pada skema dengan benar
6 JP
BSE

Buku Teks Geografi kelas VII  yang relevan





                                Mengetahui :                                                                                                                                                                        Ngreco,     Januari 2011
                                Kepala Madrasah,                                                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran



Drs. HARY WIYANTO,M.Pd.I                                                                                                                                          ...............................................
NIP :  19651119 199803 1 001                                                                                                                                        NIP. :  



Silabus


Sekolah                         : MTS Miftahul Huda Ngreco Kandat
Kelas                             : VII ( Tujuh )
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi Sosiologi)
Semester                       : 2 ( Dua )


Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1.   Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapat-kan informasi keruangan


Pengertian peta, atlas, dan globe.

Jenis peta dan bentuk peta.


Penggunaan indeks, daftar isi, garis lintang dan bujur, serta keterangan tepi pada peta, atlas, dan globe untuk mencari informasi geografis pada peta.

Memperbesar dan memperkecil peta
·  Pengertian skala peta
·  Macam-macam skala peta
·  Langkah-langkah memperbesar dan memperkecil peta

Syarat-syarat peta

Menyimpulkan perbedaan antara peta, atlas, dan globe.


Mengamati berbagai jenis dan bentuk peta.

Mengamati peta, atlas, dan globe tentang informasi geografis yang ada di dalamnya.








Menghitung dan menentukan skala peta.




Mempraktikkan langkah-langkah memperbesar dan memperkecil skala peta.



Mendiskusikan syarat-syarat peta.
·   Membedakan peta, atlas, dan globe.


·   Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.

·   Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe.








·   Mengartikan berbagai skala.
·   Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat

·   Menghitung dan menentukan skala peta.

·   Mendeskripsikan syarat-syarat peta
·    




Tes tulis







Portofolio











Pilihan ganda



Tes Uraian



Uji petik









Uji kompetensi  Bab 2 halaman 38 buku Cakrawala Geografi 1


Uji kompetensi  Bab 2 halaman 39 buku Cakrawala Geografi 1


Rubrik praktik dan tugas  halaman 36 buku Cakrawala Geografi 1









2 JP
Buku Teks Geografi kelas VII yang relevan

Peta
Atlas
Globe

4.2.  Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggam barkan obyek geografi


Sketsa sebagai dasar pembuatan peta

· Pengertian sketsa
· Komponen sketsa
· Penampakan pada sketsa



Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi dari peta atau observasi lapangan.





Menentukan simbol-simbol penampakan pada sketsa





·  Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi dari peta atau observasi lapangan.

·   
Tes unjuk kerja


Tes unjuk kerja


Tes unjuk kerja.





Tes tulis






Portofolio
Uji petik kerja produk


Tes identifikasi


Tes identifikasi





P. ganda


Uraian



Tugas
Buatlah sketsa tempat tinggalmu!



Tentukan skala sketsa yang telah kamu buat!


Tentukan simbol-simbol obyek yang ada di lingkungan tempat tinggalmu dan tempatkan pada sketsa yang telah kamu buat.



Uji kompetensi bab 3 halaman 50 buku Cakrawala geografi 1 penerbit yudhistira
Uji kompetensi bab 3 halaman 51 buku Cakrawala geografi 1 penerbit yudhistira

Rubrik praktik hal. 47 dan Tugas halaman 48 buku Cakrawala geografi.
4 JP
Buku Teks Cakrawala Geografi kelas VII halaman 40-51 penerbit Yudhistira


Peta
Atlas

4.3.  Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
·  Deskripsi kondisi Sosial budaya Indonesia.

·  Deskripsi kondisi Ekonomi Indonesia



·  Memberikan informasi tentang keragaman budaya dan sosial bangsa Indonesia.


·  Mendiskusikan persebaran suku-suku di Indonesia dengan membuat peta buta. 




·   Mendeskripsikan kondisi sosial budaya Indonesia.








·   Mendeskripsikan kondisi ekonomi Indonesia.





Tes tulis






Tes lisan


Tes unjuk kerja



Penugasan
Pilihan ganda

Tes Uraian



kuis


Uji petik kerja produk



Tugas produk
Uji kompetensi bab 4 halaman 67
Buku Cakrawala geografi 1 yudhistira
Uji kompetensi bab 4 halaman 68
Buku Cakrawala geografi 1 yudhistira



Rubrik kuis halaman 57 buku Cakrawala geografi 1 yudhistira

Rubrik praktik halaman 64-65 buku Cakrawala Geografi 1 yudhistira



Rubrik kegiatan halaman 58 buku Cakrawala geografi 1 yudhistira.
4 JP
Buku Teks Cakrawala Geografi kelas VII halaman 52-68 penerbit Yudhistira


Buku Teks Cakrawala Geografi kelas VII halaman 40-51 penerbit Yudhistira

4.4.  Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan.
Atmosfer dan gejala-gejala yang terjadi di dalamnya
·  Lapisan-lapisan atmosfer
·  Cuaca dan iklim
·  Curah hujan
·  Temperatur udara
·  Kelembapan udara
·  Tekanan udara
·  Angin

Pengaruh Atmosfer terhadap kehidupan
·  Pengaruh yang bersifat hidrologis
·  Pengaruh yang bersifat klimatologis
·  Pengaruh terhadap makhluk hidup

Hidrosfer dan Gejala-gejala yang terjadi di dalamnya
·  Siklus hidrologi
·  Air permukaan dan air tanah
·  Perairan laut
·  Pantai dan pesisir

Pengaruh hidrosfer terhadap kehidupan
·  Pengaruh yang bersifat klimatologis
·  Pengaruh yang bersifat sosial

Mengamati dan tanya jawab tentang keadaan udara di luar kelas untuk menyimpulkan sifat-sifat fisik udara.

Tanya jawab tentang sifat fisik atmosfer serta unsur-unsur cuaca dan iklim.

Mengamati gambar dan tanya jawab tentang tipe-tipe hujan.



Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut.


Pengamatan gambar dan tanya jawab tentang proses terjadinya angin, jenis-jenis angin, dan contoh-contohnya.


Pengamatan gambar dan tanya  tentang siklus hidrologi.



Pengamatan langsung atau gambar tentang bentuk-bentuk tubuh air.


Pengamatan gambar dan peta serta tanya jawab tentang zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan kedalamannya (litoral, batial dan abisal).

Pengamatan peta tentang batas-batas wilayah laut.




Pengamatan  gambar yang berkaitan dengan hidrosfer  dan pengaruhnya terhadap kehidupan misalnya bentang alam  Grand Canyon  Amerika Serikat (hal. 93 buku Cakrawala geografi 1 yudhistira); kegiatan pelayaran, dsb
·   Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer.


·   Mendiskripsikan cuaca dan iklim.


·   Mengidentifikasi tipe hujan (orografis, zenithal, frontal).



·   Menghitung suhu suatu daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan air laut.


·   Menganalisis proses terjadinya angin dan memberikan contoh-contohnya.


·   Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya.



·   Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya.

·   Mendiskripsikan zona laut menurut letak (laut pedalaman, laut tepi, laut tengah) dan kedalamannya (litoral, batial, abisal).

·   Menafsirkan pengertian batas landas kontinen, laut territorial, dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan menunjukkannya pada peta.


Tes lisan



Tes tulis


Tes tulis




Penugasan





Tes tulis



Tes lisan




Tes unjuk kerja


Portofolio




Unjuk kerja






Tes lisan









·   Kuis


·    
·   Pilihan ganda
·    
·   Tes Uraian




Uji petik kerja produk




Tes uraian



Kuis




Uji petik kerja produk.


Tes identifikasi



Tes identifikasi





Kuis


·   Rubrik Kuis bab 5 buku Cakrawala geografi 1 yudhistira


·   Uji kompetensi bab 5 halaman 99 buku Cakrawala geografi 1 yudhistira

·   Uji kompetensi bab 5 halaman 100 buku Cakrawala geografi 1 yudhistira
·    


·   Buatlah gambar proses terjadinya , hujan zenithal, hujan orografis, hujan frontal (pilih salah satu)


Hitunglah suhu udara di kota Bogor  yang terletak pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.


Rubrik kuis bab 5 halaman 82 Cakrawala geografi 1 yudhistira



Rubrik kegiatan  halaman 85 Cakrawala geografi 1 yudhistira.


Buatlah gambar siklus hidrologis dan bagian-bagiannya!



Tunjukkan pada peta, laut-laut yang termasuk dangkalan sahul!





Rubrik kuis bab 5 halaman 95 Cakrawala Geografi 1 yudhistira.
8 JP






                                Mengetahui :                                                                                                                                                                        Ngreco,     Januari 2011
                                Kepala Madrasah,                                                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran




Drs. HARY WIYANTO,M.Pd.I                                                                                                                                          ...............................................
NIP :  19651119 199803 1 001                                                                                                                                        NIP. :  







 

Silabus


Sekolah                         : MTs. Miftahul Huda Ngreco
Kelas                             : VII ( Tujuh )
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Sosial ( Geografi Sosiologi )
Semester                       : 2 ( dua )

Standar Kompetensi : 5. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat.


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk penggunaan lahan, dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk Indonesia
·   Aktivitas pertanian
·   Aktivitas non pertanian

Bentuk-bentu penggunaan lahan di muka bumi
·   Penggunaan lahan di pedesaan
·   Penggunaan lahan di perkotaan



Pola dan persebaran permukiman.
·   Pola pemukiman penduduk
·   Persebaran (agihan) permukiiman penduduk menurut bentang lahan.

·   Mendiskusikan bentuk aktivitas ekonomi penduduk Indonesia dari aktivitas pertanian dan non pertanian





·  Mendeskripsikan  penggunaan lahan di Indonesia.

·   Melakukan kegiatan pengamatan  tentang ” Penggunaan Lahan di Sekolah” yang terdapat pada kegiatan halaman 111. 


·  Mendiskusikan pola persebaran permukiman penduduk



·      Mengidentifikasi Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk Indonesia






·       Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan.






·      Mendiskripsikan persebaran permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan    mengungkapkan alasan penduduk memilih bermukim di lokasi tersebut


Tes lisan


Tes tulis






Penugasan








Penugasan





 kuis


Pilihan ganda


Uraian


Rubrik









Kuis




Rubrik kuis halaman 106 buku Cakrawala geografi 1 yudhistira.

Uji kompetensi  Bab 6 halaman 119 buku Cakrawala Geografi 1

Uji Kompetensi Bab 6 halaman 120 buku Cakrawala Geografi 1

Rubrik kegiatan halaman 111 dan 116 buku cakrawala geografi 1 penerbit yudhistira.








Rubrik Tugas halaman 116 buku cakrawala geografi 1 penerbit yudhistira



4 JP
Buku Teks Cakrawala Geografi kelas VII halaman 101-120 penerbit Yudhistira







                                Mengetahui :                                                                                                                                                                        Ngreco,     Januari 2011
                                Kepala Madrasah,                                                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran



Drs. HARY WIYANTO,M.Pd.I                                                                                                                                          ...............................................
NIP :  19651119 199803 1 001                                                                                                                                        NIP. :  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar